Sukses Bisnis dengan Twitter



Dari twitter ada beberapa hal yang harus Anda lakukan terkait dengan promosi dan pembentukan branding yang dapat memperkuat posisi bisnis Anda selain untuk memperoleh profit yang berlipat dari twitter. Action yang dapat Anda lakukan antara lain:

1. Mendaftar akun twitter
2. Update profile
3. Instal Aplikasi Twitter
4. Posting Tweet
5. Berinteraksi dengan Follower dan Following
6. PROMOSI

Membangun Daftar Followers di Twitter

Satu lagi social media yang dapat Anda gunakan dibisnis Anda. Berbeda dari Facebook dan Blog. Twitter merupakan gabungan keduanya dan disederhanakan, disebut dengan micro-blogging. Twitter mempunyai efek penyebaran informasi yang sangat cepat, efek viral inilah yang akan bermanfaat bagi bisnis Anda.

Di dalam twitter, kita tidak lagi menggunakan istilah friend atau teman, tapi di twitter kita akan menggunakan dua istilah yang jauh berbeda dengan facebook ataupun friendster yaitu follower dan following. Sesuai dengan artinya, follower adalah pengikut dan following adalah mengikuti. Tujuan twitter adalah mendapat masukan, mendapat banyak follower, dan membangun hubungan bisnis Anda.

Berapa banyak follower Anda? Apakah Anda following lebih banyak daripada jumlah follower Anda?

Berikut ini beberapa tips untuk memperbanyak follower Anda:

1. Lakukan interaksi yang mendatangkan manfaat.

Twitter merupakan media yang menghubungkan Anda dengan komunitas besar Anda. Namun, seorang yang tidak mengenal Anda tidak akan terburu-buru menjadikan Anda sebagai following atau mereka menjadi follower Anda kecuali Anda benar-benar bisa memberikan manfaat yang nyata pada mereka. So, berinteraksilah dengan komunitas Anda.


2. Munculkan ketertarikan dengan kreativitas anda.

Bukan berarti Anda harus menjadi mahir di segala bidang, tapi Anda harus bisa memainkan emosi untuk memunculkan ketertarikan dari orang diluar sana atas diri Anda. Untuk hal yang satu ini Anda tidak bisa setiap hari melaporkan segala macam aktivitas Anda pada pembaca. Misalnya:

• Pergi dulu ahh…
• Makan dulu ah…
• Aduh…gawat nih…kerjaan lom kelar
• dll

Hal itu hanya akan membuat follower Anda ilfill dan lari dari Anda. Buatlah sesuatu yang lebih mengundang ketertarikan, misalnya jika Anda seorang yang ahli dibidang marketing:


3. Jadilah diri Anda sendiri.

Dengan tetap menjaga profesionalisme Anda, tetaplah menjadi diri Anda sendiri. Jangan mengaku-ngaku yang selain apa yang diri Anda alami, dan punyai. Twitter merupakan ajang mencari pengaruh, jika Anda salah langkah dan langkah Anda ternyata buruk Anda akan mendapatkan pengaruh buruk dari hal tersebut. Misalnya jika Anda melakukan penipuan dan banyak pihak yang merasa tidak senang akan hal tersebut maka Anda akan terkena akibatnya.

4. Respek terhadap pernyataan yang orang tujukan pada Anda.

Jika ada pertanyaan atau pernyataan yang dilontarkan pada Anda jawablah dengan cara yang baik. Tunjukkan bahwa diri Anda peduli pada mereka, maka merekapun akan respek pada Anda.

5. Postingkan konten yang bermanfaat.

Anda perlu memposting artikel yang bermanfaat, karena para pengguna twitter juga berupaya mencari informasi-informasi yang bermanfaat buat mereka, bedanya kita tidak akan melihat tulisan panjang dan lebar, namun hanya berupa arahan link dan kata pengantar yang mengundang rasa penasaran atau mewakili isi dari materi tersebut.


6. Buatlah tweet yang berguna untuk follower Anda.

Apa maksudnya tweet yang berguna? Tweet yang berguna adalah tweet yang dibutuhkan oleh para follower Anda, jika mereka merasa tweet Anda berguna, besar kemungkinan mereka akan me-retweet tweet anda, dan tentu saja follower mereka mungkin saja akan juga mem-followAnda. Contohnya, berita terbaru, tips-tips tertentu, kata-kata penyemangat, dan sebagainya. Sapalah follower Anda dengan mention (@username), dan mereka mungkin akan menyapa Anda balik.

7. Update twitter Anda setiap hari.

Update setiap hari itu penting, bagikan informasi yang Anda ketahui setiap harinya kepada follower Anda. Tetapi bukan artinya Anda harus berlebihan seperti membuat cerita hidup yang belum tentu diperlukan oleh para follower Anda, sebaliknya mereka bisa saja un-follow Anda jika mereka menganggap Anda sangat mengganggu dengan tweet-tweet yang terlalu personal.

8. Retweet tweet orang lain

Ini sangat penting! Jika Anda ingin dihargai, maka hargailah orang lain dari diri Anda sendiri. Hal itu juga berlaku di twitter, jika Anda menginginkan para follower Anda me-retweet tweet Anda, maka retweetlah mereka terlebih dahulu. Ingat pentingnya re-tweet, follower Anda akan bertamabah tanpa Anda sadari.

9. Buatlah daftar personal untuk twitter anda

Setiap orang mempunyai teman akrab dan orang-orang yang sangat dekat. Begitu pula dengan Anda, bukan? Jika banyak tweet Anda yang personal, jangan Anda lontarkan di timeline umum Anda, buat lah list orang-orang yang menurut Anda memang akrab dengan Anda, sehingga Anda bisa berbagi dengan bebas di timeline list tersebut, tanpa harus mendapatkan perhatian atau penilaian negatif dari para potensial market atau relasi bisnis Anda.

Berbagai cara telah dibahas untuk meningkatkan follower Anda di twitter, dan masih banyak lagi hal yang mungkin bisa Anda eksplorasi dari cara-cara tersebut. Yang perlu diingat adalah, inti dari twitter adalah untuk saling sapa dan berbagi informasi, jadi tetap jadilah warga twitter yang baik sebelum Anda mulai menggunakan twitter untuk mengembangkan bisnis anda. Terkecuali, Anda seorang artis atau idola banyak orang, yang tanpa banyak melakukan apapun, follower akan berdatangan. Teruskan perjuangan, selamat berkarya.

Demikian semoga bermanfaat. jika Anda mau punya penghasilan sampingan lewat internet yang bisa lebih besar dari penghasilan utama Anda saat ini, sekarang juga segera Daftarkan nama Anda dengan mengikuti @sukses_bisnis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar